Halal Bihalal Silat Cingkring Serbaguna Kebun Jeruk, Dihadiri Oleh Suharto SH Selaku Pengurus Fungsioner Golkar

BOGOR, KOMANDONEWS.COM – Salah Satu tokoh yang selalu mendukung tradisi pelestari budaya Betawi ini yang bernama Suharto SH dan ia juga sebagai salah satu pengurus dari fungsional partai Golkar wilayah Jakarta barat ini, ikut menghadiri undangan dari salah satu tokoh sepuh guru besar Silat Cingkring di wilayah kebon jeruk – Jakarta Barat, yang bernama Sabeni Banteng dari sebuah perguruan silat Betawi Cingkring Serbaguna Kebon Jeruk.(28/5/2022)

Perlu diketahui Silat Cingkrig Serbaguna Kebon Jeruk ini adalah silat Betawi asli dari kebon jeruk – Jakarta barat, yang dimana dari dulu memang sudah ada, dimana kali itu banyak warga asli Betawi belajar silat pada jaman perlawanan kepada Belanda.

Silat Cingkrig Kebon Jeruk Ini, perlu diketahui yang dmana saat itu dulu mempunyai guru besar pertama kali yang mengajarkan silat cingkrig kepada masyarakat kebon jeruk, yaitu biasa dikenal dengan nama Alm. kong H.Sinan dan Alm.kong satiri (Kelek)

Perkumpulan silat Cingkrig Serbaguna kebon jeruk saat ini masih tetap exis yang dimana masih dipimpin oleh generasi pengajar yang ke 3, sesudah salah satu pendiri silat Cingkrig Kebon jeruk yaitu alm. kong H Sinan, lalu ke alm. satiri (jelek) dan sekarang kepada babe Sabeni banteng di kebon jeruk.

Perlu diketahui Sabeni banteng adalah sosok guru sekaligus tokoh silat Betawi paling sepuh saat ini, untuk di wilayah kebon jeruk – Jakarta barat, alhamdulilah yang dimana beliau saat ini yang dikatakan umur beliau sudah tidak muda lagi, kurang lebih 70 TH,akan tetapi beliau masih sehat serta masih semangat selalu dalam mengajarkan silat asli Betawie yang bernama Cingkrig Serbaguna kebon jeruk ini kepada masyarakat kebon jeruk dan wilayah lainnya.

Dalam kegiatan perguruan PPSCS kebon jeruk yang diselenggarakan kali ini, sangat unik dan menarik, masyarakat sekitar yang berada di Cisarua – puncak ini, selain kita adakan kegiatan sosial seperti santunan anak yatim piatu,Masyarakat sekitar juga disajikan bisa melihat langsung acara kesenian budaya Betawi, seperti latihan silat bersama, palang pintu, sambut cara menjatuhkan lawan dll.

Guru besar PPSCS kebon jeruk yang bernama Babe Sabeni banteng saat dikonfirmasi awak media mengatakan ” Silat Cingkring Serbaguna ini memang asli silat Betawie dari kebon jeruk, yang dimana ia dapet dari guru terdahulu yang bernama alm.kong H.sinan dan alm.babe satiri kelek” ucap Sabeni banteng.

Ia juga menambahkan dalam kesempatan kali ini, kegiatan acara kamu memang unik, sengaja ia mengajak semua murid yang tergabung di perkumpulan silat Cingkrig Serbaguna Kebon jeruk ini, biasa disingkat dan dikenal dengan sebutan (PPSCS), kali ini sedang mengadakan kegiatan silahturahmi halal bihalal, latihan bersama semua murid, santunan anak yatim piatu serta sumbangan untuk masjid yang sedang dibangun di wilayah puncak, Bogor (28/5/2022).

“Ia juga mengucapkan Syukur Alhamdulilah, acara yang sedang dilaksanakan di puncak – Bogor ini, sudah berjalan lancar sesuai harapa, Ia juga menjelaskan kenapa acara ini diadakan di puncak, karena sekaligus untuk penyegaran refreshing kepada seluruh pengurus dan anggota ppscs, serta tidak lupa untuk sosialisasi kepada warga sekitar Cisarua – puncak, dengan adanya tradisi kesenian asli Betawi seperti silat Betawie , palang pintu dan lainya kepada warga yang ada disekitar villa di puncak yang disewanya” Tutupnya.

Saat dikonfirmasi awak media salah satu tokoh yang diundang serta hadir dalam acara PPSCS kebon jeruk tersebut yaitu Suharto SH, yang biasa dipanggil dengan sapaan mas Harto ini mengatakan ” Ia sangat senang sekali bisa hadir dalam acara silahturahmi halal bihalal, santunan anak yatim piatu, latihan bersama dan kegiatan lainnya yang diadakan perguruan PPSCS ini” tuturnya

Tambahnya Ia juga sangat senang bisa bertemu dengan sosok guru silat asli Betawi kebon jeruk ini yang bernama babe Sabeni banteng, yang dimana beliau sudah tidak muda lagi dan tidak asing lagi untuk di dengar dikalangan tokoh silat Betawi ini.

Dalam kegiatan acara hari ini yang sedang digelar saat ini mas Harto sangat apresiasi dan support dengan adanya sosok babe sabeni banteng yang dimana beliau masih tetap semangat serta mau turun langsung untuk mengajarkan silat kepada anak muridnya dan masih semangat juga untuk mengenalkan serta melestarikan seni budaya Betawi khususnya.

Ia juga sangat senang bisa diundang serta diterima dengan sambutan hangat dalam acara ini, dan ia juga sangat terharu mempunyai kekeluargaan lagi dengan rasa persaudaraan oleh seluruh pengurus dan anggota PPSCS Kebon jeruk.

Lanjutnya beliau bersama istri sangat senang sekali dan sebuah kehormatan yang sangat luar biasa kepada kami untuk bisa menghadiri undangan acara yang sangat bagus ini yang diselenggarakan oleh ppscs di puncak, Bogor kali ini, pada Sabtu (28/05/2022)

“Ia akan selalu komitmen untuk selalu mensupport dan mengapresiasi semua para pecinta seni budaya Betawie dan semua guru Silat Betawi yang masih exis dalam masih mengajarkan silat kepada generasi muda khususnya wilayah Jakarta Barat, yang terkenal banyaknya Di wilayah tersebut dengan Tokoh dan Pelestari seni budaya betawi.

Harapan mas Harto kali ini jaga seni budaya Betawi dan seni budaya lainnya, jangan pernah sampe punah kemakan jaman yang saat ini modern” tutupnya

Dikesempatan yang sama kami melihat sosok dengan sapaan Cing Ahyar Gobang dari ketua umum Perkumpulan Pencak Silat Cingkrig Serbaguna Kebon Jeruk (PPSCS) bersama pengurus lainnya sedang mengajarkan murid untuk latihan bersama.

Saat dikonfirmasi awak media cing Ahyar Gobang mengatakan ” Ia akan selalu tetap semangat menjalankan amanah yang ditunjuk oleh babe Sabeni banteng dan H Abu tafsir sebagai pembina kami, sebagai ketua umum PPSCS Kebon jeruk, pesan pembina yang sangat selalu saya ingat agar selalu tetap exis perguruan ini, agar terus bisa melatih silat Betawi untuk semua masyarakat dan generasi muda yang mau belajar silat Betawi asli kebon jeruk ini, bisa datang ke Jl.H.marjuki, Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat tanpa dipungut biaya alias gratis” Ucapnya.

Cing Ahyar Gobang menambahkan dengan doa para pembina, Tokoh agama dan seluruh masyarakat kebon jeruk khususnya, alhamdulilah Perguruan PPSCS kebon jeruk ini, sudah terdaftar resmi legal di notaris dengan nomor akta No .02.tanggal 07 April 2018 , dengan SK KUMHAM Nomor, AHU – 0007618,AH,01.07 tahun 2018 pada tanggal 04 Juni 2018.

“Ia juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pembina, pengurus, anggota PPSCS, Para Donatur dan parah tokoh yang hadir untuk mensupport serta mengapresiasi kegiatan PPSCS hari ini yang diselenggarakan di puncak -‘Bogor, semoga kami tetap akan selalu bisa terus berbagi, kompak selaku, solid selalu, loyalitas, totalitas serta harapan agar PPSCS bisa bermanfaat untuk masyarakat dan terus lestarikan silat Betawi asli kebon jeruk ini” tutupnya.

{*/Red}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.