Karang Taruna Kecamatan Sukamulya Gelar Pelatihan.” Budikdamber “

TANGERANG, Komandonews.com – Bertempat di Saung Sate Damayanti Jln.Raya Kresek – Balaraja di Desa Perahu Kecamatan Sukamulya, Karang Taruna Kecamatan Sukamulya melakukan kegiatan pelatihan (Budidamber) budidaya ikan lele didalam ember (05/02/2022)

Sebanyak 50 Peserta yang terdiri dari para pemuda juga Pemdes, dan juga anggota Ormas Pendekar Banten Korcam Sukamulya mendapatkan pelatihan teknis tentang budidaya ikan lele dalam media Ember.

Kegiatan tersebut juga dihadir oleh Narasumber Dra.S.Fatimah M.Si dari Kasi Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat Dinas DPMPD Kabupaten.Tangerang, Ketua Korcam Pendekar Banten Sukamulya Japarudin (BJ), Ketua Dewan Pimpinan DPK Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) H.Murhaedi S.Pd.M.Pd, dan Ketua LSM Seroja M.Taslim

Dalam keterangannya H.Retno Juarno selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukamulya mengatakan kegiatan ini adalah kerjasama antara Karang Taruna Kecamatan dengan Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang, guna untuk memotifasi para pemuda agar bisa mencari terobosan saat menghadapi Pandemi Covid-19.

“Harapanya dengan adanya pelatihan bisa menjadi nilai tambah bagi para pemuda pemudi Kecamatan Sukamulya untuk mengembangkan kewirausahaannya khususnya budidaya ikan lele,” ucap Retno Juarno.

Ditambahkan Ketua Karang Taruna H.Retno Juarno menuturkan, ucapan terima kasih kepada Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan budidaya ikan lele, sehingga kami kelak bisa mengembangkan untuk berwirausaha guna menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kecamatan Sukamulya,” harapnya.

Sementara Asep Sopyan selaku Sekjen Karang Taruna Kecamatan Sukamulya, sangat mengapresiasi dengan program yang dicanangkan ini, sehingga pelatihan ini bisa berkelanjutan,” tuturnya.

Untuk itu kepada seluruh peserta agar memperhatiakan betul – betul materi yang disampaikan oleh narasumber, “Agar setelah keluar dari sini bisa diterapkan untuk diimplementasikan ilmu yang didapatkan dilapangan,” terangnya.

Asep Sopyan juga menyebutkan bahwa Kecamatan Sukamulya memiliki banyak potensi khususnya dibidang pertanian dengan air yang cukup melimpah. Untuk itu pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna harus lebih kreatif dalam memanfaatkannya,” ucapnya

“Saya berharap kegiatan ini menjadi salah satu solusi untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru yang kreatif dan produktif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung ketahanan pangan khususnya di wilayah Kecamatan Sukamulya,” ucap Asep Sopyan

Sementara itu Dra.S.Fatimah M.Si dalam acara tersebut menjelaskan,budidaya lele, dengan sistem bioflo atau Budidamber (Budidaya Lele dalam Ember)

“Mulai dari divisi pengecekan pH dan TDS, divisi permakanan, divisi maintenance, perawatan kolam hingga divisi pemasaran,” ungkap Dra.S.Fatimah M.Si

“Mengapa akhirnya Karang Taruna Kecamatan Sukamulya tersebut membuat usaha budidaya lele, karena pihaknya ingin Karang Taruna Kecamatan Sukamulya tidak hanya sebuah organisasi kepemudaan belaka yang isinya hanya rapat tapi juga melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat,” jelasnya

“Kenapa kita pilih budidaya lele, lele itu mudah perawatannya, manfaatnya juga banyak, basic nya kita juga sudah ada,” terangnya.

Nantinya hasil penjualan budidaya lele tersebut sebagian bisa ditaruh di kas Karang Taruna, Kecamatan Sukamulya dan sebagian lagi akan dibagikan guna pemberdayaan kepada anggotanya

“Budidaya lele juga sebagai edukasi bagi anggota yang lain mungkin suatu saat nanti anggota ingin jadi pengusaha, jadi sudah punya pengalamannya. Semoga, kedepan bisa segera dipublikasikan dan mulai diperjual belikan,” pungkasnya.
(Subli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.