Kuatkan Kinerja Para Aparatur Desa, Pemerintahan Desa Sidoko Bersinergi Bersama Masyarakat

BOGOR, Komandonews – Untuk meningkatkan kinerja para Aparatur Desa di butuhkan kepemimpinan yang baik, serta transparan dan selalu melakukan Evaluasi disetiap sektor Pemerintah Daerah setempat agar terciptanya Aparatur Desa yang berdedikasi dalam penyelenggaraannya serta kapasitasnya sebagai aparatur desa.

Kegiatan seminar yang dilaksanakan di Cipayung Girang Mega Mendung Bogor tersebut oleh Aparatur Desa Sidoko adalah untuk mendengarkan atau masukan sejauh mana aparatur desa tersebut menjalankan tugas-tugasnya dan apa saja kendala di lapangan yang terjadi agar kedepannya dapat berjalan dengan baik.(18/12/2021)

Dalam setiap program yang akan dicanangkan atau dilakukan oleh para aparatur desa tersebut haruslah dalam fungsi dan koridor yang berlaku, agar disetiap kinerjanya dapat pencapaian yang maksimal pengelolaannya serta meningkatkan kemandirian dari desa itu agar tepat sasaran dan akuntabel dalam pencapaian kerja.

Pembinaan bagi seluruh aparatur desa adalah wajib yang harus dilakukan dengan baik dan benar, agar terbentuk aparatur desa yang memang benar-benar berdedikasi serta berintegritas dalam menjalankan tugasnya sebagai aparatur yang dapat dipercaya oleh masyarakat.

Evaluasi jelas harus terus berjalan dalam setiap saat sebagai tolak ukur pekerjaan yang dilakukan oleh para aparatur desa, Evaluasi juga harus dibarengi dengan pencapaian kinerja yang baik dan benar dan terus meningkatkan kinerja agar kedepannya jauh lebih baik lagi.

Pembangunan juga penataan dalam pengembangan desa adalah hal yang sangat penting dalam membangun desa yang lebih baik dan maju, dibutuhkan loyalitas tinggi bagi seluruh aparatur desa setempat dan masyarakatnya demi terciptanya desa yang tangguh dan kemandirian.

Dalam setiap pembangunan desa-desa dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua stakeholder di wilayah tersebut agar semua berjalan dengan baik seperti yang diharapkan, jika pemerintah desa mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat maka akan mudah bagi aparatur desa menjalankan setiap program pembangunan di desa tersebut.

Pencapaian dalam pembangunan disetiap desa tak lepas dari peran serta masyarakatnya dalam mendukung setiap program yang dicetuskan oleh aparatur daerah itu, kerja sama yang baik akan terciptanya rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemimpinnya dalam setiap keputusan yang diambilnya.

Aparatur desa haruslah bekerja dengan baik guna menjaga kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, contohnya, dengan menjaga setiap aset desa dengan baik serta merencanakan penataan desa dan memberdayakan masyarakat sekitar dalam kegiatan desa meliputi pengelolaan Administrasi pemerintah desa dan pengembangan desa.

Pendataan adalah hal yang wajib dan penting bagi aparatur desa untuk mengetahui sejauh mana data-data yang sudah ada adalah data yang memang terdaftar di desa setempat, dan aparatur desa haruslah memonitor atau menjaga akan terjadinya penyalahgunaan data desa tersebut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dibutuhkan kerjasama dari semua pemangku kebijakan baik aparatur desa dan seluruh stakeholder agar semua dapat berjalan sebagaimana mestinya dan agar dapat pencapaian yang maksimal untuk semuanya.

Dalam acara yang bertempat di Cipayung puncak Bogor tersebut turut dihadiri Kepala Desa Sidoko H.Subrata beserta Pemdes Sidoko, keduanya hadir dalam acara seminar tersebut guna untuk menjadikan Desa Sidoko lebih maju lagi kedepannya, Tandasnya.

Program untuk mendukung pencapaian kinerja dengan sasaran sebagai berikut.
Meningkatnya kemandirian desa dengan kegiatan yang dilaksanakan meliputi :
1.Pembinaan Kapasitas Aparatur Desa
2.Evaluasi Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa
3.Pembinaan Perencanaan Pembangunan Desa
4.Pendataan dan Pendayagunaan Profil Desa/Kelurahan

5.Evaluasi Tingkat Pengembangan Desa/Kelurahan
6.Pembinaan Pengelolaan Administrasi Pemerintah Desa
7.Pembinaan Penataan Aset Desa
8.Pembinaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa
(Subli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.