Pelatihan Penggunaan Kata “ONE” Dan “ONES” Dalam Bahasa Inggris Oleh Dosen Prodi Bahasa Inggris Universitas Bina Sarana Informatika Bagi Remaja LKSA Al-Amanah

KOTA DEPOK, Komandonews – Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang digunakan di Indonesia, Bahasa Inggris sudah diberikan di sekolah- sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Para pembelajar tidak hanya dituntut untuk menguasai bahasa Inggris secara tertulis tapi juga secara lisan.

Kemampuan bahasa Inggris yang patut dikuasai yaitu kemampuan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Kemampuan memahami teks khususnya teks yang berbahasa Inggris merupakan kesulitan yang dialami para pembelajar. Kurangnya pemahaman dalam structure dan grammar menjadi salah satu masalah utama yang dialami oleh para pembelajar.

Setiap Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Program pengabdian pada masyarakat juga akan diselenggarakan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika. Salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat yang dapat dilakukan oleh Perguruan Tinggi adalah berupa pelatihan, dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian civitas akademika terhadap kemajuan pendidikan.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilaksanakan oleh dosen- dosen program studi Bahasa Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika di Lemabaga Kesejahteraan Sosail Anak (LKSA) Al-Amanah Depok yang beralamat di Jl. Sukatani No.15 RT 06 RW 03 Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Fakultas Komunikasi dan Bahasa ingin membantu mitra dalam memecahkan permasalahan utama yang terjadi di LKSA Al-Amanah Depok khususnya pada remaja KLSA Al-Amanah tersebut yaitu kurangnya kemampuan memhamai structure dan grammar.

Pembukaan oleh perwakilan dari LKSA Al-Amanah
Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan yaitu berupa pelatihan penggunaan kata “one” dan “ones” dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris bagi remaja LKSA Al-Amanah, Depok. Pelatihan yang diberikan oleh para dosen dari prodi Bahasa Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa yaitu; Dr. Sri Arfani, M.Pd. Ria Yuliasari, M.Pd, serta Prapti Wigati Purwaningrum, S.S, M.Hum dibantu dengan beberapa mahasiswa dari prodi dan fakultas yang sama yaitu; Maharani Putri Annisa dan Widia Damayanti Taher diharapkan dapat membantu para remaja LKSA Al-Amanah Depok dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilanya terutama dalam penguasaan Bahasa Inggris.

Sekretaris LKSA Al-Amanah Depok, Bapak Danang sangat menyambut baik kegiatan ini karena tentu saja akan sangat membantu para remaja LKSA Al-Amanah dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. “Ini merupakan kegiatan posistif yang patut di apresiasi dan kami sangat berterima kasih karena kegitan seperti ini sangat bermanfaat bagi remaja LKSA Al-Amanah Depok” ujarnya.

Pemaparan Materi Oleh Dosen Program Studi Bahasa Inggris
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan yaitu melalui daring/online menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan dilaksanakan pada Sabtu, 23 October sampai dengan pukul 12.00.”Tutupnya.
(Subli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.