Sandi Pamungkas Hadirkan Rumah Bibit Buah ” Pamungkas ” Di Natuna

JAKARTA, Komandonews – (Natuna). Tekad kuat seorang putra daerah ingin memajukan wilayahnya nampaknya tidak diragukan lagi. Hal ini muncul dibenak Sandi Pamungkas dengan segudang Prestasinya.

Yang mana, Sandi Pamungkas siswa Kelas 3 SMA Negeri 2 Bunguran Timur ini belum genap usia 17 tahun selain bercita-cita selain IPDN, Akpol juga di Akmil.

Pemuda dengan tinggi : 166 cm dan mempunyai berat badan 67 kilogram ini juga mempunya banyak prestasi.

Diantaranya Prestasi :

  • Juara 1 Kelas selama 3 semester di SMA Negeri 2 Bunguran Timur
  • Juara 1 Jurusan ILMU SOSIAL Kelas selama 3 semester di SMA Negeri 2 Bunguran Timur
  • Juara Umum Kelas selama 3 semester di SMA Negeri 2 Bunguran Timur

Prestasi Non Akademik :
Bidang biologi , pangan tanaman dan penelitian

  • Juara 1 lomba inovasi teknologi tepat guna 2018, 2019, 2020 dan 2021
  • Juara 2 Lomba inovasi teknologi Tepat guna 2021 tingkat provinsi kepulauan riau
  • Juara 1 tingkat Nasional lomba Police Innovation award
  • Juara 1 tingkat internasional Africa ociip expo 2020 di nigeri africa dengan predikat presentasi terbaik dan inovasi terkreatif

Pengalaman lainpun ada yaitu sebagai Kepala seksi bidang pengembangan teknologi tepat guna di pos pelayanan teknologi anak bangsa
2 tahun

Organisasi :

  • Kasi pos pelayanan teknologi anak bangsa
  • Ketua KIR SMAN 2 Bunguran Timur
  • Ketua olimpiade geografi SMAN 2 Bunguran Timur

Pemuda yang mempunya hobi Belajar, mencari pengalaman dan membuat konten youtube ini juga menyukai  kegemaran bermain permainan rakyat.

Menurut Sandi, dengan sedikit menggunakan Sistem Pertanian Terpadu “Integrated Farming System ” berusaha mengabungkan antara kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, dan ilmu lain yang berkaitan dengan pertanian dalam satu lahan dan berkelanjutan dengan pola masa kini sebagai AGROEDUWISATA di Natuna Kepulauan Riau nantinya.

Didalam Pertanian Terpadu merupakan suatu sistem menggunakan ulang atau mendaur ulang dengan memanfaatkan tanaman dan hewan sebagai mitra ( pelajaran dulu simbiosis mutualisme), menciptakan suatu ekosistem yang dibuat menyerupai cara alam bekerja.
Kami berharap, semoga dengan ini akan menghasilkan produktivitas yang tinggi dan berkelanjutan secara efektif dan efisien, menekan Harga Pokok Produksi.

Selain potensi alam Natuna yang belum dimanfaatkan sumbernya secara menyeluruh, hal ini memacu putra daerah bangkit dan mengajak masyarakat Natuna untuk berkarya dengan memanfaatkan alam yang ada tanpa merusak sistem dan merugikan generasi penerus.

Pada hakekatnya, pertanian terpadu adalah upaya memanfaatkan seluruh potensi energi agar dapat dipanen secara maksimal, agar bisa menekan Harga Pokok Produksi dan endingya keuntunga berlipat walaupun kita menjual dengan harga murah untuk membantu sesama itulah tujuan Utama Putra daerah yang Akrab disapa Sandi Pamungkas pemuda 16 tahun asal Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau ini.

“‘Semoga menjadi inspirasi untuk kita semua ” pungkas Sandi.

Untuk merambah ke arah diatas, Sandi kini membuka Rumah Bibit Buah ” Pamungkas ” di rumahnya Jalan Air Kijang RT 03 RW 03 Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna.

Di lokasi tersebut Sandi menyiapkan Bibit Buah Unggulan yang didatangkan langsung dari Salaman Kabupaten Magelang Jawa Tengah dengan menyediakan bibit diantaranya : Kelengekng Kateki, Kelengkeng merah,, Kelengkeng Mata Lada, Durian Musangking, Bawor, Montong, Duri Hitam, Apukat berbagai jenis serta bermacam-macam jenis bibit buah lainnya.

{Red}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *