Wujud Ketahanan Pangan Yang Maju Babinsa Mensade Dampingi Tim Penyuluh Pertanian Kunjungi Petani

Uncategorized57 Dilihat

Sambas – Dalam rangka mewujudkan sektor ketahanan pangan yang maju, mandiri dan modern, Babinsa Mensade Koramil 01/Sambas Kodim 1208/Sambas Kopka Eko Wahyudi berkolaborasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) serta pihak Laboratorium melakukan kunjungan dan sosialisasi mengatasi hama tanaman sekaligus berinovasi dan bersosialisasi mengatasi hama tanaman sekaligus berinovasi sederhana dengan membuat Biosaka Alam yang berada di Dusun Raminjadi Desa Mensade, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Selasa (02/07/24).

Babinsa Kopka Eko Wahyudi menyampaikan Biosaka merupakan gabungan kata Biologi dan Soko Alam yang bermakna dari alam kembali ke alam. Biosaka merupakan larutan ekstrak tumbuhan yang berperan sebagai elisitor sehingga dapat menyuburkan kandungan tanah dan muaranya bisa meningkatkan produksivitas tanaman. Secara ekologi, Biosaka sangat ramah lingkungan serta dapat merangsang sel-sel pada tanaman sehingga akan tumbuh subur, ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Buk Ida selaku PPL, yang mana Biosaka bukanlah sejenis Pupuk dan bukan pula Pestisida melainkan berperan sebagai elisitor yang mengandung hormon, spora dan bakteri yang tinggi.

“Cara pembuatan Biosaka sangat mudah bahkan murah dan bisa dibuat sendiri serta, bahan-bahannya merupakan tumbuh-tumbuhan liar jenis apa saja yang berada di areal lahan pertanian, imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *