Siap Berlatih dan Bertempur, Danyonif 1 Marinir Buka Latihan Platoon Exchange 2024

Uncategorized55 Dilihat

Situbondo – Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla, selaku Komandan Satgas Latma Platex 2024 secara resmi membuka Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (Platex) 2024 antara TNI AL, KORMAR dengan USMC/I MEF di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Senin (08/07/2024).

Latma Platex 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 08 sampai dengan 21 Juli 2024 di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo tersebut untuk melaksanakan materi latihan yang saling terintegrasi dengan berbagai keunggulan kedua negara.

Pada kesempatan tersebut Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla, selaku Komandan Satgas Latma Platex 2024 yang didampingi oleh First Lieutenant Samuel Mathews Tood selaku Company Executive Officer menekankan kepada prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Latma Platex 2024 agar melaksanakan kedisiplinan dan kekompakan serta profesionalisme sebagai prajurit Korps Marinir yang dikenal oleh negara lain.

Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla juga menekankan selama latihan, agar menyerap dan memahami materi yang diberikan oleh USMC, begitu juga dengan apa yang harus dilakukan oleh prajurit Korps Marinir harus sesuai dengan tugas pokok masing-masing, karena Latma Platex 2024 tersebut merupakan salah satu wujud dari Diplomasi Angkatan Laut dalam melaksanakan latihan Bersama dengan negara sahabat dan untuk menjaga serta mempertahankan hubungan kemitraan strategis antar Negara-negara sahabat.

Diakhir amanatnya, Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr .psla menjelaskan bahwa Korps Marinir sebagai salah satu Kotama TNI Angkatan Laut dalam mengemban tugasnya dituntut memiliki kesiapan operasional dan kemampuan untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan dan hambatan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan warga Negara Bangsa Indonesia. Tuntutan kemampuan Korps Marinir TNI Angkatan Laut salah satunya adalah mampu mewujudkan Peperangan Operasi Amfibi dengan proyeksi kemampuannya dari laut ke darat dan operasi darat lanjutan.

“Jaga keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, ciptakan suasana latihan yang saling terintegrasi dengan negara lain, laksanakan latihan dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan penuh semangat, ciptakan suasana kegembiraan dan saling merindukan satu sama lain, serta laksanakan prosedur keamanan terhadap personel dan material,” tegas Danyonif 1 Marinir.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pabantik Sops Kormar Letkol Marinir Supriyadi, M.Tr.Hanla dan Komandan Puslatpurmar-5 Baluran Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *