Suban Kesbangpol Jakbar Gelar Dialog Interaktif Peningkatan Ketahanan Ekonomi

Jakarta, – Komandonews – Suban Kesbangpol (Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) mengadakan Dialog Interaktif Peningkatan Ketahanan Ekonomi Kota Administrasi Jakarta Barat via Zoom, pada Selasa 24 Agustus 2021, pukul 09.00 WIB. Dengan narasumber diantaranya Ir. Irene Swa Suryani, MM (Asisten Deputi Pembiayaan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UMKM), H. R. Khotibi Achyar, S.IP (Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta), Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM (Motivator) dan Nur Cahyono (Ketua Umum BPL PB HMI).

Acara dialog yang digelar Suban Kesbangpol Jakarta Barat tersebut, dibuka oleh Jordiansyah Abdullah (Ketua KNPI Jakarta Barat) sebagai moderator. Turut hadir Drs. Taufan Bakri, M.Si (Kepala Bakesbangpol Privinsi DKI Jakarta) dan Muhammad Matsani, S.Sos,M.Si (Kasuban Kota Administrasi Jakarta Barat) memberi kata sambutan.

Sebelum acara dimulai, tidak lupa Moderator mengajak para peserta dan semua yang hadir menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Aris Subianto dari LDII.

Dalam kata sambutan, Bakesbangpol DKI Jakarta, Taufan mengatakan berikan motivasi kepada pemuda untuk bergerak dibidang usaha. “Generasi muda kita harus mendirikan UKM” katanya, Selasa (24/08).

Taufan juga membeberkan, tentang suksesnya budidaya ikan oleh suatu kelompok di wilayah Tangerang, dan mengajak para peserta bila ingin datang ke lokasi untuk melihat langsung proses budidaya ikan yang dimaksud.

Lebih lanjut, H. R Khotibi yang di kenal H. Beceng yakni anggota DPRD Provinsi Jakarta mencurahkan rasa bangganya kepada Suban Kesbangpol Jakarta Barat yang telah menggelar Dialog Interaktif Peningkatan Ketahanan Ekonomi via zoom.

“Saya bangga dengan kesbangpol jakbar yang mulai berperan di masa pandemi ini, saya selaku wakil rakyat sangat mendukung sekali. Mudah-mudahan ini jadi percontohan lain” ungkapnya.

Selain itu, H. Beceng dimana sebagai narasumber di acara dialog tersebut, menyampaikan 3 (Tiga) peran DPRD DKI Jakarta, salah satunya dalam Pengembangan Perekonomian. Disela ia memaparkan materinya, mengatakan bahwa Masyarakat yang terdampak Covid19 mengadukan nasibnya.

“Pedagang yang tidak bisa dagang, mereka butuh makan, DKI harus ada solusinya” katanya.

Di acara yang sama, Fitri Rinaldi dari Kemenkop UKM memberikan materi dengan tema Kemudahan Aksebilitas Pembiayaan Terjangkau dan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro. Diantaranya sebagai berikut:

Program/kegiatan Strategis Pengembang KUMKM.

  • Peningkatan Kapasitas SDM KUMKM.
  • Peningkatan Bisnis Proses.
  • Akses Pasar dan Pemasaran.
  • Dukungan Akses Pembiayaan/Permodalan.

Fitri Rinaldi juga menjelaskan tentang Penerima KUR, Sumber Dana KUR dan Jenis KUR. “Penerima KUR adalah perorangan atau individu, kelompok usaha dan badan usaha. Kemudian Sumber Dana KUR, Pemerintah subsidi bunga atau marjin, 100% bersumber dari penyalur KUR. Dan Jenis KUR diantaranya, KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR TKI dan KUR Khusus” jelasnya dalam acara Dialog via zoom tersebut.

Sambungnya, Kemenkop UKM juga menerangkan tentang Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), “Sasaran dan Tujuan BPUM, diberikan kepada pelaku usaha mikro untuk menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi Covid19 dalam rangka program PEN.

Kriteria BPUM diberikan kepada pelaku Usaha Mikro yang sedang tidak menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Persyaratan:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.
  • Memiliki Usaha Mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang beserta satu kesatuan, dan
  • bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN atau pegawai BUMD.

Setelah para narasumber memaparkan materi dalam dialog yang digelar Suban Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Barat, acara diisi oleh sang Motivator yang menulis buku 50 Pengusaha Sukses di Masa Pandemi Covid-19, yakni Hamry Gusman Zakaria.

Sebagai motivator, dipenghujung acara ia hadir membakar semangat para peserta dengan memaparkan materi yang bertema 4 (Empat) Kiat Membangun Semangat Wirausaha Masyarakat di Wilayah Kota Jakarta Barat.

Dengan asiknya, ia menceritakan beberapa kisah nyata pengusaha yang sukses. Dari kisah seorang pendaki gunung, tukang kue dan pengusaha Hidroponik. Dimana dalam ceritanya yang menginspirasi dan memotivasi, bahwa para pengusaha tersebut kini sudah mempunyai omset ratusan juta disetiap bulannya.

4 (Empat) Kiat Materi yang diberikan oleh Hamry, diantaranya:

  • Memiliki Hobi Yang Produktif
  • Fokus dan Konsisten
  • Kreatif dan Inovatif
  • Memiliki Keiklasan.

Untuk diketahui, Dialog Interaktif Peningkatan Ketahanan Ekonomi Kota Administrasi Jakarta Barat via Zoom yang digelar Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Barat, pada hari ini, Selasa (24/8) berjalan dengan hikmat dan akrab, dimulai pada pukul 09.00 WIB dan selesai penuh dengan ilmu yang bermanfaat pada pukul 11.45 WIB.

{Red}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *