RJ Lino Bantah Korupsi Pelindo

Jakarta, Komandonews – Mantan Direktur Utama PT Pelindo 2 RJ Lino membantah korupsi pada pengadaan Quay Container Craine QCC Pelindo senilai 1.9 juta dolar Amerika tahun 2009-2011 lalu.

Hal tersebut dikatakan oleh RJ Lino dalam eksepsinya pada sidang lanjutan perkaranya dipengadilan Tipikor Jakarta Senen 16 Agustus 2021.

Menurut RJ Lino perkara yang menjeratnya adalah ranah perdata bukan ranah pidana karena pada pengadaan 3 unit QCC tersebut tidak pernah dipermasalahkan saat RUPS PT Pelindo tahu 2010-2011 lalu.

Diberitakan Jaksa mendakwa RJ Lino diduga mengkorupsi proyek pengadaan dan pengapalan QCC Quay Container Crane PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo 2 tahun 2009- 2011 lalu.

RJ Lino diduga bersama sama dengan
Direktur Operasi dan Teknik PT Pelindo II Ferialdy Norlan dan Charmain Wuxi Hua Dong Heavy Machinery Science and Technologi Grup China , Weng Yaogen melakukan korupsi pada proyek pengadaan 3 unit QCC atau Crane berikut  pemeliharaannya  pada Pelabuhan Indonesia 2 yang diduga di-mark up  dalam Kurun Waktu  Desember 2009 sampai dengan Oktober 2011lalu yang mengakibatkan kerugian negara sekitar 1.9 juta dolar Amerika serikat.

Jaksa Mendakwa RJ Lino dengan dakwaan alternatif yakni diduga melanggar pasal 2 atau pasal 3 UU Tipikor dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun pidana penjara.

{Supriyarto Rudatin}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *