Perduli Akan Linkungan, IMANU Bersama HNSI Dan PPPSBBI Tanam Mangrove Bersama

Jakarta, Komamdonews – Tangerang, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab. Tangerang bersama media Online, IMANU (Info Mangrove Nusantara) dan PPPSBBI (Persatuan Pendekar Persilatan Seni Budaya Banten Indonesia) Kab. Tangerang kembali melakukan giat lingkungan hidup penanaman bibit mangrove.

Kegiatan yang di laksanakan pada hari Sabtu pagi (14/08/2021) ini dilakukan secara serentak juga bersama-sama demi kelestarian diperisir pantai tersebut, dalam kegiatan ini dipusatkan di Muara Selasih, pesisir Desa Muncung, Kec. Kronjo, Kab. Tangerang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua HNSI Kab.Tangerang H. Abudin dan Sekretaris Haerul Gama, Wakil Sekretaris H. Mumu, Ketua Ranting HNSI kronjo Imam Budiman dan jajaran serta pengurus lain.

Selain itu, Sekretaris PPPSBBI Kab. Tangerang, Junaedi HS dan jajarannya, Founder InfoTerbit Grup dan IMANU Ananta, dan jajaran Forum Perlindungan Migran Indonesia (FPMI),
Juga turut hadir para tokoh masyarakat wilayah Muncung bersama warga serta tokoh lainnya, diantaranya mantan Kades, Maksum.

Ketua HNSI Kab. Tangerang, H. Abudin mengatakan, program penanaman mangrove di Muncung ini adalah kelanjutan dari giat serupa yang pekan sebelumnya dilaksanakan bersama IMANU, HIPMI dan InfoTerbit di Desa Lontar Kec. Kemiri.

“Tujuannya mencegah abrasi dipantai ini, yang disebabkan tidak adanya Diding penghalang diwilayah tersebut yang mengakibatkan terjadinya abrasi, di pesisir Tangerang ini, abrasinya sangat parah diperlukan serta kepedulian kita semua membenahinya. Salah satunya dengan menanam mangrove,” kata H. Abudin didampingi Sekretarisnya, Haerul Gama.

Jika kawasan pesisir terselamatkan dari abrasi, maka biota laut akan berkembang dengan baik, sebab, biota laut ini berkembang biak di akar-akar mangrove “Secara otomatis akan meningkatkan pendapatan bagi nelayan, sebagai Ketua HNSI yang membina para nelayan, saya bersama para aktifis lingkungan akan terus melaksanakan program ini di pesisir pantai utara,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris PPPSBBI Kab. Tangerang, Junaedi HS mengatakan, pihaknya siap mendukung berbagai program yang berkaitan dengan lingkungan hidup, terutama untuk penyelamatan kawasan pesisir utara Tangerang dan demi menjaga pesisir itu sendiri juga masyarakatnya.

Founder InfoTerbit Grup dan IMANU, Ananta sangat berterima kasih atas peran aktif HNSI Kab.Tangerang yang secara bersama-sama masyarakat turut serta dan peduli terhadap lingkungan hidup, khususnya di pesisir pantai utara.

“Melalui dukungan berbagai elemen masyarakat serta keperdulian untuk menjaganya diharapkan kedepannya tidak terjadi lagi abrasi diwilayah tersebut, maka pencegahan abrasi dipesisir pantai utara Kab.Tangerang ini sangatlah penting dan semoga akan terwujud secara maksimal,” tambah Ananta.

Aksi penanaman mangrove itu diawali dengan giat berjemur selama setengah jam untuk mencegah Covid-19, selanjutnya dilaksanakan penanaman mangrove secara serentak dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dalam masa pamdemi ini.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembentukan IMANU serta pemilihan ketua dan stafnya, Korcam Kronjo-Mekar Baru yakni Ketua: Salim, Sekretaris: Syarifudin dan Bendahara: Masari.

Korcam IMANU Kronjo-Mekar Baru ini yang nantinya akan melakukan pemantauan lingkungan hidup, khususnya di pesisir Muncung Kronjo dan Sungai Cidurian di Desa Jenggot, Kec. Mekar Baru, Kab. Tangerang.

{subli}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *