Sidang Putusan Hakim Tipikor Jakarta Dalam Kasus Korupsi Pengadaan Alkes

Jakarta, Komandonews – Kamis (10/6/2021) Sidang putusan hakim dalam kasus korupsi Alkes RS Unair di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta berlangsung hari Kamis pagi.

Unsur menguntungkan diri sendiri
menimbang bahwa di persidangan telah diperoleh fakta hukum sbb:
Memimbang terdakwa telah menjabat di kemenkes pada 2007
Menimbang terdakwa menerbitkan surat menunjuk sekretatis bpsdm selaku kpa dan syamsul bahri kabag informasi bpsdm sbg ppk di satker bpsdm kesehatan

Menimbang bahwa bpdm kesehatan mendapat anggaran tahun 2010 sebagaimana anggaran dipa yg adalah satunya terdapat alokasi anggaran RS Unair sebesar 40 m, namun anggaran tsb masih ditandai bimta jg blm bisa dicairkan.

Menimbang saudara minarsih yang merupakan perusahaan terafiliasi bagian PT anugerah permai grup, terdiri dari sejumlah perusahaan2 milik sendiri maupun pinjam bendera dan dikendalikan M Nazaruddin sebagai anggota DPR

Saudara memberikan uang ke zulkarnain sekitar 100 juta untuk terdakwa bambang yang disampaikan melalui zulkarnain kasim dan syamsul bahri terdakwa tau kalau uang itu terkait proyek pengadaan alkes 2010 yang akan dikerjakan oleh anugerah permai grup.

Terdakwa tahu anggaran anugerah permai grup tidak memenuhi syarat dan terdakwa tahu proyek pengadaan alkes bukan tupoksi bpsdm kemenkes, namun terdakwa meminta zullkarnain kasim untuk memblokir itu, Terdakwa tetap memerintahkan agar kegiatan pengadaan alkes tetap dikerjakan sesuai anggaran DiPa dan sesuai arahan Menkes “sudah dikerjakan saja ucapnya.

Terdakwa juga telah menerima pemberian uang permai grup terkait proyek RS Unair yaitu menerima melalui perantara zularnain kasim usd 5.000 dan melalui syamsul bahri sebesar 30 juta atau setara 100 juta rupiah uang digunakan untuk kepentingan pribadi sehingga unsur menguntungkan diri sendiri telah terpenuhi.
Menimbang unsur menguntungkan diri atau orang lain telah terpenuhi.

Kerugian Negara yang dimaksud, menimbang pengertian merugikan sama dengan menjadi rugi maka arti merugikan negara sama artinya perekonomian menjadi rugi atau kurang menurut pengertian daryono.

Menimbang berdasarkan fakta hukum telah dapat dibuktikan terhadap proyek pengadaan alkes terdakwa telah beri arahan agar dimenangkan oleh anugrah permai grup karena sebagai pihak yang mengawal di DPR RI dengan memerintahkan syamsul bahri dan winarto.

Terdapat selisih 6,777, miliar dalam pengadaan tahap 1 kemudian dalam tahap kedua berselisih 7,861 miliar yang menjadi keuntungan anugerah permai grup dari kedua pengadaan tersebut
Menimbang terhadap auditor pengawas bpkp sebagaimana tertuang hasil audit kerugian negara sebagai dugaan tipikor dalam pengadaan RS Unair tahap 1 dan 2 (2010) yang dibuat auditor bpk dan bpkp sesuai surat pengantar kepala deputi bpkp bidang inveatigasi, Tim auditor menyimpulkan ada kerugian negara Rp 14.139.223.215.

Dapat disimpulkan keuntungan pihak anugerah permai grup 30-40 persen merupakan keuntungan tidak wajar serta menimbulkan kerugian negara dalam pengadaan alkes RS Unair tahap 1 dan 2.

Menimbang berdasarkan uraian di atas majelis berpendapat unsur merugikan negara telah terpenuhi.

Uang pengganti:

Menimbang terdakwa telah mengembalikan uang ke negara maka terdakwa tidak lagi dijatuhkan membayar uang pengganti.

Permohonan pembukaan rekening terdakwa bambang gaitno rahardjo atas permohonan pembukaan blokir rekening atas nama bambang giatno majelis akan mengabulkan karena majelis mempertimbangkan bahwa rekening tersebut tidak diperlukan lagi dalam perkara.

Hal berat gak bantu oprog pemerintah
Hal ringan sopan mengakui bersalah, terdakwa telah mengembalikan uang seluruhnya sebesar 100 juta

Vonis bambang:

Terdakwa bambang telah terbukti sebagaimana dakwaan subs jpu

Menjatuhkan pidana penjara 2 tahun dan denda rp 50 juta subsider 2 bulan

Memerintahkan jpu mrmbuka blokir atas nama bambang rahardjo

Bambang dan pengacara: pikir2
Jpu: pikir2

vonis minarsih

Menimbang oleh karena terdakwa tidak dilakukan penahanan maka tidak dilakukan pengurangan masa penahanan.

Hal berat gak bantu oprog pemerintah, terdakwa sedang jalani pidana lain
Hal ringan, terdakwa tidak mendapat uang atau barang, terdakwa sudah lama menjanda dan terdakwa memiliki tanggungan.

Menyatakan terdakwa tdk terbukti bersalah sebagaimana dakwaan primer.

menyataka terdakwa terbukti bersalah secara bersama2 sebagaimana dakwaan subs.

Menjatuhkan pidana penjara 2 tahun dan denda 50 juta subsider 2 bulan.
Menyerahkan terdakwa ke lapas pondok bambu.

Minarsih: saya menerima yang mulia
Jpu: pikir2

{Red}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *