YCAB Foundation Menduduki Peringkat #29 NGO Terbaik di Dunia 2021, Ranking YCAB Naik Tiga Peringkat

JAKARTA, Komandonews.com – 1 Februari 2021 – Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) berhasil menduduki peringkat ke #29 dalam daftar TOP 200 SGO (Social Good Organizations) di seluruh dunia yang dikeluarkan oleh NGO Advisor pada tanggal 24 Januari 2021. Tahun ini YCAB berhasil naik tiga peringkat, dari #32 pada tahun 2020 dan menjadi satu-satunya NGO di Indonesia yang masuk dalam daftar ini. Sejak tahun 2013, YCAB telah masuk ke dalam daftar NGO terbaik di dunia yang dirilis oleh NGO Advisor, organisasi media independen yang berpusat di Jenewa, Swiss. NGO Advisor sudah secara rutin setiap tahun mempublikasikan ranking NGO di seluruh dunia.

Berdasarkan informasi dari website resmi NGO Advisor (www.ngoadvisor.net), SGO yang terpilih mewakili ‘Ivy League’ dari ranah sosial di tiga pilar baik dalam hal tata kelola yang berpusat pada masyarakat, serta inovasi dan juga dampak holistik. SGO yang berada dalam list telah mewujudkan dan menjalankan kriteria yang beragam dalam menghasilkan keuntungan sosial. Dampak berbicara mengenai pencapaian dan aktivitas yang dilakukan oleh NGO dalam mengubah kehidupan penerima manfaat. Inovasi mengacu kepada perubahan serta kemampuan bagi organisasi dalam mengatasi hambatan dengan cara yang kreatif. Tata kelola menunjukkan bagaimana organisasi menerapkan misi positifnya kepada para karyawan, pemangku kepentingan dan jajaran manajemen.

Semenjak berdiri di tahun 1999, YCAB percaya bahwa organisasi sosial harus dapat berdiri secara mandiri terlebih dahulu agar mampu memandirikan para penerima manfaat. Penerima manfaat dari aktivitas yang dilakukan oleh YCAB Foundation difokuskan kepada anak-anak remaja dan ibu-ibu pengusaha ultra mikro. YCAB terus memantapkan posisi menjadi sebuah social enterprise dengan berinvestasi dalam beberapa usaha sosial lainnya yang tergabung sebagai portfolio company di bawah YCAB Ventures. Melalui unit-unit bisnis yang dimiliki, YCAB berstrategi menciptakan dana bergulir untuk menjalankan misi sosial.

Veronica Colondam, CEO dan Founder YCAB Foundation mengatakan, “Saya sangat berbahagia dan berterima kasih atas kepercayaan banyak pihak yang telah mendukung YCAB selama bertahun-tahun. Ini semua adalah buah hasil dari ‘Ora Et Labora’ yaitu bekerja keras dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Tentunya hal ini juga tidak lepas dari nilai-nilai inti yang kami hidupi yaitu iSERVE – semangat untuk selalu melayani dengan cinta. Terima kasih, untuk NGO Advisor, atas penghargaannya. Hal ini tentunya menjadi sebuah semangat untuk menghadapi tahun yang baru dengan penuh optimisme sehingga kami dapat terus melanjutkan dan menciptakan karya-karya terbaik dan memberikan dampak bagi sesama yang membutuhkan.”
Pencapaian ini merupakan prestasi membanggakan bagi YCAB karena dapat bersanding dengan NGO terbaik lainnya di dunia, seperti BRAC dan Skoll Foundation yang juga turut berada di dalam list, keduanya adalah pionir dalam dunia social enterprise. (Heldha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *