“Asal Usul Nama Jalan Daan Mogot”

Jakarta, Komandonews.com – Penduduk Jakarta pasti sudah sering mendengar nama sebuah jalan bernama Daan Mogot. Jalan yang terbentang dari perempatan Grogol hingga Tangerang, tetapi apakah banyak yang sadar bahwa nama Jalan Daan Mogot itu berasal dari sebuah nama seorang pemuda.

Jalan yang menghubungkan jalur Grogol dan Cengkareng di Jakarta Barat dengan Kota Tangerang ini, ternyata berasal dari nama Mayor yang mendirikan Akademi Militer di Tangerang yaitu Mayor Elias Daniel Mogot atau biasa dikenal dengan Daan Mogot, seorang pahlawan yang lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 28 Desember 1928.

Mayor Elias Daniel Mogot, merupakan salah seorang pahlawan nasional yang gugur pada tanggal 25 Januari 1946, sewaktu terjadi pertempuran di area markas pasukan tentara Jepang di kawasan Kelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Untuk mengenang perjuangan beliau, nama Daan Mogot ini di jadikan nama jalan yang cukup terkenal saat ini, perjalanan dari Jakarta Barat kearah Tangerang pasti melewati yang namanya Jalan Daan Mogot, Jalan yang cukup panjang ini mengambil nama dari seorang pahlawan, Daan Mogot yang cukup ternama di masanya. (Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *